1. Education

Bayi Baru Lahir, Kok Sudah Ada Giginya?

Tahukah kamu? Pada umumnya, pertumbuhan gigi susu pada bayi dimulai pada usia 4 sampai 10 bulan semenjak bayi lahir dan gigi susu lengkap pada usia 2,5 tahun sampai 3 tahun. Namun, sebenarnya gigi susu sudah mulai terbentuk benihnya pada usia 6 minggu saat di dalam kandungan loh.

Nah, Dentalosophers, apakah kamu pernah melihat bayi yang baru lahir sudah ada giginya? Kondisi gigi yang sudah lebih awal tumbuh pada bayi yang baru lahir ini disebut sebagai natal teeth. Tetapi, perlu kamu ketahui juga kalau terkadang ada kondisi dimana gigi baru tumbuh setelah kurang lebih 30 hari pertama pada bayi yang baru lahir, yang disebut dengan neonatal teeth. Pertumbuhan neonatal teeth memang lebih cepat daripada gigi normal, tetapi tidak secepat natal teeth. Menurut Eric Scheifele, DMD, kepala divisi kesehatan gigi dan mulut di Children’s National Health System, natal dan neonatal teeth merupakan gigi tambahan, atau supernumerary teeth, yang merupakan gigi berlebih yang tumbuh. 

Natal dan neonatal teeth yang paling sering terlihat adalah gigi pada bagian depan bawah, sedangkan pada bagian depan atas, geraham, kaninus atau taring atas dan bawah sangat jarang. Biasanya natal atau neonatal teeth berukuran lebih kecil, berwarna kekuningan, dan biasanya tumbuh berpasangan. Selain itu, berdasarkan bentuknya, natal dan neonatal teeth dapat dikelompokkan menjadi:

1.     Tipe 1  : Gigi tumbuh sempurna, goyang, dan tanpa akar gigi

2.     Tipe 2  : Gigi tumbuh sempurna, sedikit goyang, dengan akar gigi yang kecil

3.     Tipe 3  : Terdapat gambaran garis putih yang merupakan mahkota gigi yang baru menembus gusi

4.     Tipe 4  : Gusi menebal, namun gigi belum menembus gusi

Menurut Hyewon Lee, DMD, MPH, seorang dokter gigi anak di DentaQuest Institue of Westborough, terdapat dua penyebab kondisi ini:

1.     Gangguan pada sel germinal gigi yang menyebabkan gigi terbentuk dekat dengan permukaan gusi sehingga gigi menjadi terlihat.

2.     Faktor genetik dari keluarga yang mengalami gangguan pertumbuhan gigi yang lambat memungkinkan terjadinya natal atau neonatal teeth

Namun, kondisi natal dan neonatal teeth juga bisa dikaitkan dengan beberapa kondisi tubuh yang mempengaruhi pertumbuhannya, seperti:

1.     Kekurangan vitamin

2.     Gangguan hormon (kelainan pada sistem endokrin)

3.     Bayi lahir dengan bibir sumbing

4.     Bayi lahir dengan celah pada langit-langit rongga mulut

5.     Berkaitan dengan sindrom bawaan, seperti sindrom Sotos, sindrom Hallerman-Streiff, sindrom Pierre Robin, dan sindrom Ellis-van Creveld

Walaupun kondisi seperti ini merupakan kondisi yang tidak biasa, tetapi jangan panik ya Dentalosophers. Kondisi seperti ini pada umumnya tidak memerlukan perawatan khusus, hanya saja dengan sudah tumbuhnya gigi, maka perawatan kesehatan gigi dan mulut sudah harus mulai dilakukan dengan membersihkan gigi 2 kali sehari dan kontrol rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Pembersihan gigi dapat dilakukan dengan membungkus jari telunjuk dengan kain kasa steril, kemudian diusapkan pada seluruh permukaan gigi hingga bersih.

Dentalosophers perlu berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter dan dokter gigi, bila terdapat kondisi seperti:

1.     Puting ibu terluka saat menyusui karena adanya gigi pada bayi

2.   Bayi akan mengalami kekurangan asupan makanan dan berdampak buruk pada perkembangannya karena kesulitan pada saat menyusui. Gigi akan  mengganggu mulut bayi untuk menempel pada puting

3.    Sariawan pada lidah bayi akibat tergeseknya lidah pada sudut gigi yang tajam

4.    Bayi tersedak akibat adanya natal atau neonatal teeth yang goyang dan tanggal kemudian terhirup atau tertelan oleh bayi 

Bila terdapat beberapa kondisi di atas, maka dapat dilakukan perawatan seperti pencabutan gigi tersebut, terlebih bila menyebabkan sariawan atau luka pada lidah bayi dan atau ketika gigi tersebut goyang. Pencabutan gigi harus menunggu selama 10 hari setelah kelahiran bayi dengan tujuan untuk memberikan kesempatan bakteri pada usus berkembang. Bakteri tersebut dapat menghasilkan vitamin K yang berperan dalam proses pembekuan darah. Adapun alternatif perawatan lainnya adalah dengan melakukan penambalan dengan bahan kedokteran gigi untuk menutupi sisi gigi yang tajam.

Jika kamu menemukan kondisi natal dan neonatal teeth pada bayi, segara konsultasikan dan periksakan ke dokter dan dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat ya Dentalosophers!

Contact Us

Address

(Senopati) Jl. Senopati No.16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(Pondok Indah) Jl. Metro Pondok Indah SG.21 Pondok Indah, Jakarta Selatan (Mamamia Spa)
(Gandaria) Jl. Petogogan I No.16A Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(BSD) Gedung EduCenter Ground Floor Unit G-09 Kav. Commercial International School II No. 8 Jalan Sekolah Foresta, BSD City

Email

dentalosophy@gmail.com

Contact Number

Senopati 0819 08663338
Pondok Indah 0812 95372212
Gandaria 0878 8556 1639
BSD 0812 9146 9830