1. Education

Berkumur dengan Povidone Iodine (PVP-I) untuk Perlindungan Ekstra dari Virus Corona

Dentalosophers, sebelum kamu melakukan perawatan gigi, biasanya dokter gigi akan menyarankan kamu untuk berkumur dengan Povidone Iodine (PVP-I) selama 30 detik sebagai salah satu protokol “new normal” dalam melakukan tindakan kedokteran gigi. Kira-kira apa ya alasannya? Apakah dengan berkumur PVP-I bisa membantu mencegah penyebaran virus Corona? Yuk simak penjelasan berikut ini!

 

Dengan adanya pandemi Covid-19 ini, kita dituntut untuk selalu menjaga kebersihan diri agar tidak terinfeksi, dan salah satu bagian tubuh yang tidak boleh terlewatkan untuk dijaga kebersihannya adalah gigi dan mulut. Menurut kesimpulan dari World Health Organization (WHO), virus Corona atau SARS-CoV2 dapat menginfeksi manusia melalui droplet atau tetesan dari air liur (saliva) yang keluar dari mulut ketika bersin, batuk, dan berbicara, atau melalui aeorosol. Saliva sendiri dapat mengandung konsentrasi tinggi virus Corona sebanyak 1,2 x 108 kopi/mL.

 

Povidone Iodine (PVP-I) merupakan bahan antiseptik spektrum luas yang digunakan untuk mencegah infeksi. Berdasarkan hasil studi in vitro NUS Duke Singapore (Mei, 2020), PVP-I ampuh membunuh 99,99% virus Corona dalam waktu 30 detik. PVP-I juga memiliki aktivitas virusidal (bersifat membunuh virus) lebih tinggi dibandingkan dengan antiseptik lainnya. Mekanisme kerja dari PVP-I dimulai saat terjadi pelepasan Iodinesehingga akan terbentuk ion Povidone-H. Kandungan tersebut dapat berikatan dengan dinding sel mikroorganisme. Selanjutnya Iodine akan masuk ke lapisan (membran) sel, lalu menghancurkan protein-protein yang sensitif pada membran sel. Kemudian sel akan pecah dan menyebabkan kematian pada mikroorganisme tersebut.

 

Pada saat melakukan perawatan gigi, mulut akan terus terbuka dan ada beberapa tindakan kedokteran gigi yang prosedurnya (dengan handpiece) dapat menciptakan aerosol atau cipratan air dari saliva, seperti pembersihan karang gigi, penambalan, dan lainnya. Maka dari itu, penting untuk melakukan pencegahan infeksi Covid-19 dan penyebarannya dengan berkumur PVP-I selama 30 detik sebelum memulai perawatan gigi. Tidak hanya sembarang berkumur saja, namun kamu harus menggunakan teknik gargling. Teknik gargling adalah cara berkumur dengan mengocok cairan di pangkal tenggorokan. Untuk melakukannya, Dentalosophers bisa mendongakkan kepala ke belakang sekitar 45 derajat dengan tujuan agar obat kumur bisa mencapai area kerongkongan. Tapi jangan sampai tertelan ya, karena pada umumnnya PVP-I merupakan obat luar yang tidak boleh dikonsumsi.

 

Nah, sudah terjawabkan mengapa kamu harus berkumur dengan PVP-I selama 30 detik sebelum memulai perawatan gigimu. Jadi, jangan lupa ya untuk berkumur dengan PVP-I agar terhindar dari infeksi Covid-19 dan penyebarannya!

Contact Us

Address

(Senopati) Jl. Senopati No.16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(Pondok Indah) Jl. Metro Pondok Indah SG.21 Pondok Indah, Jakarta Selatan (Mamamia Spa)
(Gandaria) Jl. Petogogan I No.16A Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(BSD) Gedung EduCenter Ground Floor Unit G-09 Kav. Commercial International School II No. 8 Jalan Sekolah Foresta, BSD City

Email

dentalosophy@gmail.com

Contact Number

Senopati 0819 08663338
Pondok Indah 0812 95372212
Gandaria 0878 8556 1639
BSD 0812 9146 9830