1. Education

Bersiap Jalani New Normal


Beberapa bulan lalu, Indonesia digemparkan oleh pandemik yang disebabkan SARS-CoV-2 (severe acute respiratory syndrome coronavirus) atau yang sering kita kenal sebagai COVID-19 (Coronavirus Disease 2019), yaitu kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan manusia. Secara umum, gejala yang biasanya dialami adalah demam (suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius), batuk kering, dan sesak napas. Pada beberapa kasus bisa menyebabkan infeksi yang lebih berat. Penularannya melalui droplet(cairan) dan virus ini bisa bertahan sampai 8 jam di udara sesudah keluar dari tubuh penderita yang bersin atau batuk.

 

Upaya pencegahan seperti PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan meningkatkan kebersihan diri pun terus dilakukan untuk menekan angka penyebaran virus ini. Namun, kita tidak boleh menyerah dengan situasi sekarang, melainkan harus bisa beradaptasi dan mempersiapkan diri untuk hidup berdampingan dengan situasi ini. Kebiasaan dan perilaku hidup bersih dan sehat dapat dikatakan sebagai gaya hidup baru yang selanjutnya disebut new normal,yang dapat kita lakukan untuk menyesuaikan diri.

Cara-cara yang dapat dilakukan dengan rutin adalah sebagai berikut:

1.    Mencuci tangan dengan menggunakan sabun selama kurang lebih 20 detik dan berpedoman pada 6 langkah mencuci tangan menurut WHO (World Health Organization). Dimulai dari membasahi kedua tangan dengan air mengalir dan gunakan sabun, kemudian gosok telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, gerakan mengunci kedua tangan, gerakan memutar kedua ibu jari dan ujung-ujung kuku, setelah itu bilas dan keringkan.

2.    Memakai masker pada saat keluar rumah. Penting untuk menutup hidung dan mulut kita agar virus tidak bisa masuk secara langsung ke dalam tubuh. Penggunaan masker ini diwajibkan untuk semua orang, terutama yang sedang batuk atau bersin untuk mencegah penularan.

3.    Menjaga jarak satu sama lain, yaitu sekitar 1,5 meter. Walaupun kita telah menggunakan masker, tetapi cairan yang keluar pada saat batuk atau bersin terkadang masih bisa lolos melalui bagian tepi masker, maka dari itu kita tetap harus menjaga jarak agar tidak terpapar dari cairan yang lolos tersebut.

4.    Menghindari tempat ramai. Perlu diingat bahwa kita dianjurkan keluar rumah hanya bila ada keperluan penting saja. Mengunjungi tempat yang ramai dapat meningkatkan kemungkinan tertularnya virus ini.

 

Bukan hanya dari pola hidup bersih dan sehat saja, tetapi new normal juga mencakup segala bidang, yaitu ekonomi, pendidikan, dan lain-lain, sesuai dengan protokol atau SOP (Standard Operational Procedure) yang diatur oleh pemerintah.

 

Dentalosophers, maka dari itu, kita harus tetap mengikuti aturan yang berlaku selama pandemik ini untuk mendukung semua pihak dalam menekan angka penyebaran virus ini ya. Stay safe and healthy semuanya!

Contact Us

Address

(Senopati) Jl. Senopati No.16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(Pondok Indah) Jl. Metro Pondok Indah SG.21 Pondok Indah, Jakarta Selatan (Mamamia Spa)
(Gandaria) Jl. Petogogan I No.16A Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(BSD) Gedung EduCenter Ground Floor Unit G-09 Kav. Commercial International School II No. 8 Jalan Sekolah Foresta, BSD City

Email

dentalosophy@gmail.com

Contact Number

Senopati 0819 08663338
Pondok Indah 0812 95372212
Gandaria 0878 8556 1639
BSD 0812 9146 9830