1. Education

Cara Merawat Gigi Palsu yang Baik dan Benar

Tidak sedikit dari kita yang sudah mulai menggunakan gigi palsu atau yang biasa disebut gigi tiruan. Baik itu gigi tiruan sebagian lepasan yang hanya menggantikan satu atau lebih gigi yang hilang, maupun gigi tiruan penuh. Bagaimana sih cara merawatnya agar gigi palsu dapat bertahan lama?

Gigi palsu terbuat dari akrilik atau valplast yang disesuaikan untuk penggunaan sehari-hari. Tidak hanya gigi asli, gigi palsu juga harus dirawat dengan baik dan benar agar tidak menimbulkan masalah baru pada mulut seperti sariawan, bau mulut, dan sakit gigi. Berikut ini adalah beberapa tips perawatan gigi palsu yang perlu Dentalosophers ketahui:

  1. Berhati-hati saat Melepas, Memasang dan Mencuci Gigi Palsu. 
    Jangan sampai ada bagian yang bengkok atau patah. Peganglah gigi palsu dengan baik.

  2. Bersihkan Gigi Palsu
    Lepas dan bersihkan gigi palsu minimal dua kali sehari setiap kita menyikat gigi. Jangan lupa untuk menggunakan sikat gigi dengan bulu halus untuk membersihkan gigi palsu agar gigi palsu tidak menjadi tempat bersarang bakteri dan kuman. Bilas di air mengalir supaya sisa makanan tidak menempel pada gigi palsu. Letakan handuk sebagai alas yang dapat melindungi gigi palsu dari kerusakan jika terjatuh.

  3. Hindari Penggunaan Pasta Gigi Biasa untuk Membersihkan Gigi Palsu
    Gigi palsu sebaiknya hanya dibersihkan menggunakan cairan atau pasta khusus untuk gigi palsu. Pasta gigi biasa memiliki sifat abrasif dan dapat menyebabkan goresan atau lubang kecil pada gigi palsu. Pasta gigi dengan pemutih juga tidak boleh digunakan untuk memutihkan gigi palsu, karena pasta gigi tersebut mengandung bahan kimia yang dapat membuat gigi palsu rapuh.

  4. Rendam Gigi Palsu di Malam Hari di Tempat Penyimpanan Khusus
    Ketika kita akan tidur, lepaslah gigi palsu dan rendam gigi palsu di dalam air. Hal ini untuk menjaga gigi palsu tetap lembap, sehingga tidak kering atau kehilangan bentuknya. Gigi palsu juga dapat direndam dalam air yang telah dicampur larutan khusus pembersih gigi palsu. Hindari merendam gigi palsu dengan air panas karena dapat menyebabkan gigi palsu berubah bentuk dan berlubang.

  5. Bersihkan Sebelum Digunakan Kembali
    Sebelum menggunakan gigi palsu, bersihkan lagi dengan air mengalir, terutama sehabis direndam dengan cairan khusus. Karena cairan tersebut mengandung zat kimia yang dapat menyebabkan muntah bila tertelan. Gigi palsu dapat diambil lebih mudah dengan menggunakan strainer basket yang tersedia pada tempat penyimpanan khusus gigi palsu.

  6. Hindari Makanan yang Keras dan Minuman Panas
    Untuk menjaga bentuk gigi palsu, hindari minuman panas dan makanan yang teksturnya keras atau kenyal, termasuk permen karet. Konsultasikan ke dokter gigi terkait makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari selama pemakaian gigi palsu.

  7. Rutin Membersihkan Gigi dan Mulut
    Jangan lupa untuk tetap memperhatikan kebersihan mulut dan gigi asli. Sikat gigi secara rutin 2 kali sehari setelah makan dan sebelum tidur, atau setiap kali gigi palsu dilepas. Bersihkan juga perekat gigi palsu yang tersisa pada gusi.

  8. Lakukan Pemeriksaan Rutin ke Dokter Gigi
    Kunjungi dokter gigi secara rutin, setiap 6 bulan sekali. Selain memeriksa gigi dan membersihkan gigi palsu, dokter juga akan mengecek apakah gigi palsu Anda masih layak pakai atau perlu diganti. Gigi palsu akan lebih longgar dan akan perlu diperbaiki kurang lebih dalam periode 5-10 tahun. 



Contact Us

Address

(Senopati) Jl. Senopati No.16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(Pondok Indah) Jl. Metro Pondok Indah SG.21 Pondok Indah, Jakarta Selatan (Mamamia Spa)
(Gandaria) Jl. Petogogan I No.16A Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(BSD) Gedung EduCenter Ground Floor Unit G-09 Kav. Commercial International School II No. 8 Jalan Sekolah Foresta, BSD City

Email

dentalosophy@gmail.com

Contact Number

Senopati 0819 08663338
Pondok Indah 0812 95372212
Gandaria 0878 8556 1639
BSD 0812 9146 9830