1. Education

Deteksi Dini Kanker Mulut dengan SAMURI

Kanker mulut merupakan pertumbuhan jaringan (jaringan lunak) yang tak bisa dikendalikan. Beberapa ciri kanker mulut dapat dideteksi dengan kemunculan luka atau sariawan yang tidak kunjung sembuh, tidak merespons terhadap pengobatan yang diberikan, dan terdapat lesi pra-kanker yang timbul tanpa diketahui penyebabnya.


Lesi yang dimaksud adalah perubahan pada jaringan mulut dari segi warna, bentuk, ukuran, tekstur, dan kekenyalan. Lesi dapat berwarna putih, merah, atau keduanya. Bisa pula berupa tonjolan atau bercak titik-titik di rongga mulut. Lesi bisa tumbuh di bibir, lidah, dasar lidah, gusi, dasar mulut, langit-langit mulut, belakang pipi, dan kelenjar liur.

 

Dentalosophers, kanker mulut ternyata sering diabaikan karena gejalanya yang tidak terasa secara signifikan dan jarang terjadi. Walapun begitu, sebanyak 50% dari penderita kanker mulut mengalami kematian kurang dari 3 tahun, yang artinya kanker mulut perlu diperhatikan dan tidak boleh diabaikan.

 

Kanker pada rongga mulut dapat dideteksi sejak dini, loh Dentalosophers, bahkan sebelum berkembang menjadi sel kanker yang ganas. Jika kanker payudara bisa dideteksi teknik SADARI (Periksa Payudara Sendiri), maka kanker mulut juga bisa dideteksi dengan SAMURI,  yaitu “Periksa Mulut Sendiri”. Namun, berbeda dengan SADARI yang hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu, Dentalosophers dapat melakukan teknik SAMURI setiap saat.

 

Untuk melihat perubahan pada rongga mulut, Dentalosophers dapat melakukan tahapan SAMURI. Pertama, mencuci tangan hingga bersih dengan sabun dan air mengalir, lalu berdiri atau duduk di depan cermin. Langkah selanjutnya, dengan bantuan kedua tangan, periksalah:

  • Bibir bagian atas dan bawah
  • Gusi atas dan bawah
  • Bagian dalam pipi kanan dan kiri
  • Lidah bagian atas dan bawah
  • Lidah sisi kanan dan kiri
  • Rongga mulut atas dan bawah.

Selain SAMURI, Dentalosophers juga dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan rongga mulut dengan baik dengan menyikat gigi secara rutin, yaitu minimal 2 kali sehari di pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Jangan lupa juga untuk memeriksakan keadaan rongga mulut ke dokter gigi dan lakukan pembersihan karang gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali, serta kontrol rutin untuk mengetahui apakah ada gigi berlubang atau penyakit mulut lainnya.


Dentalosophers juga dapat mencegahan kanker mulut dengan cara yang paling sederhana, yaitu dengan mendeteksi kanker mulut dengan teknik SAMURI. Melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi juga dapat menjadi langkah awal bila dicurigai adanya perubahan jaringan rongga mulut. Sebaiknya, Dentalosophers juga menjauhi faktor risiko kanker mulut seperti merokok, alkohol, stress, dan lain-lain. Terapkan juga gaya hidup sehat dengan makan makanan gizi seimbang, menjaga kebersihan rongga mulut, olah raga cukup, dan istirahat cukup.

Contact Us

Address

(Senopati) Jl. Senopati No.16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(Pondok Indah) Jl. Metro Pondok Indah SG.21 Pondok Indah, Jakarta Selatan (Mamamia Spa)
(Gandaria) Jl. Petogogan I No.16A Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(BSD) Gedung EduCenter Ground Floor Unit G-09 Kav. Commercial International School II No. 8 Jalan Sekolah Foresta, BSD City

Email

dentalosophy@gmail.com

Contact Number

Senopati 0819 08663338
Pondok Indah 0812 95372212
Gandaria 0878 8556 1639
BSD 0812 9146 9830