1. Education

Dokter Gigi kok Pakai Baju Astronot?

Hai Dentalosophers! Pastinya kamu pernah melihat dokter gigi yang menggunakan baju mirip baju astronot ketika sedang melakukan tindakan medis. Tahukah kamu, kalau sebenarnya baju astronot yang dipakai dokter gigi merupakan alat pelindung diri (APD) yang direkomendasikan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) sebagai salah satu protokol “new normal” ketika melakukan tindakan medis. 


Menurut World Health Organization (WHO), virus corona dapat menginfeksi manusia melalui droplet dari air liur dan aerosol sehingga membuat dokter gigi harus berhati-hati dan meminimalisir paparan. Tindakan kedokteran gigi yang prosedurnya terutama dengan menggunakan handpiece, dapat menciptakan aerosolatau cipratan air dari air liur (saliva), seperti perawatan pembersihan karang gigi, penambalan, dan lainnya. Maka dari itu dokter gigi perlu untuk melindungi diri dari paparan droplet atau aerosol tersebut dengan menggunakan alat pelindung diri (APD)

 

Alat pelindung diri (APD) atau yang sering disebut sebagai personal protective equipment (PPE) merupakan alat yang digunakan oleh tenaga kesehatan setiap hari untuk melindungi diri sendiri, pasien, dan orang lain saat melakukan tindakan medis. APD dapat melindungi tenaga kesehatan dari segala potensi mikroorganisme (termasuk bakteri dan virus) atau bahan-bahan kedokteran gigi. APD yang digunakan harus sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dari tenaga medis, untuk dokter gigi dan asisten dalam ruang dental unit, maka APD yang digunakan adalah APD level 3 (Gambar 1).


Gambar 1. Alat Pelindung Diri (APD)


Seperti yang terlihat pada Gambar 1, APD yang digunakan terdiri dari:

  1. Pelindung mata atau face shield yang penggunaannya ditujukan untuk melindungi mata dari paparan droplet atau aerosol yang terbentuk saat melakukan tindakan perawatan gigi dan mulut.
  2. Penutup kepala/ headcap yang penggunaannya ditujukan sebagai penutup kepala untuk melindungi kulit dan rambut kepala dari kontaminasi virus dan kemungkinan transmisi virus dari lokasi tersebut ke bagian tubuh yang lain.
  3. Masker yang penggunaannya ditujukan untuk melindungi hidung dan mulut terhadap paparan droplet atau aerosol yang terbentuk saat melakukan tindakan perawatan gigi dan mulut.
  4. Surgical scrub gown all-cover dan apron, yang penggunaannya ditujukan untuk menutupi seluruh pakaian dan bagian tubuh lain dari paparan droplet atau aerosol yang terbentuk saat melakukan tindakan perawatan gigi dan mulut.
  5. Sarung tangan steril sekali pakai yang penggunaannya ditujukan untuk melindungi tangan dari paparan droplet atau aerosol yang terbentuk saat melakukan tindakan perawatan gigi dan mulut. Sarung tangan juga dapat menghindari risiko transmisi mikroorganisme seperti bakteri dan virus.
  6. Sepatu boot atau penutup sepatu (shoe coveryang penggunaanya dapat mencegah kontaminasi patogen virus dalam ruang perawatan dokter gigi. Selain itu, sepatu boot juga dapat melindungi tenaga kesehatan dari alat tajam atau bahan korosif saat terjatuh. Penutup sepatu atau shoe cover digunakan bila tidak tersedia sepatu boot.

 

APD memiliki peran yang sangat penting untuk melindungi tenaga medis, pasien, maupun orang lain, terlebih saat pandemi Covid-19. Dengan penerapan APD yang sesuai dengan standar, maka penularan virus berbahaya penyebab Covid-19 dapat diminimalisir. Penggunaan APD dalam menangani pasien pun harus dikombinasikan dengan mencuci tangan sesuai dengan cara WHO.

 

Jadi, jangan ragu-ragu lagi untuk mengunjungi dokter gigi ya, Dentalosophers karena dengan penggunaan APD yang sesuai standar ini, maka kamu ikut terlindungi dari penularan virus corona juga.


Contact Us

Address

(Senopati) Jl. Senopati No.16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(Pondok Indah) Jl. Metro Pondok Indah SG.21 Pondok Indah, Jakarta Selatan (Mamamia Spa)
(Gandaria) Jl. Petogogan I No.16A Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(BSD) Gedung EduCenter Ground Floor Unit G-09 Kav. Commercial International School II No. 8 Jalan Sekolah Foresta, BSD City

Email

dentalosophy@gmail.com

Contact Number

Senopati 0819 08663338
Pondok Indah 0812 95372212
Gandaria 0878 8556 1639
BSD 0812 9146 9830