1. Education

Fakta dan Tips Pasca Operasi Gigi Geraham Bungsu

Apakah Dentalosophers baru saja melakukan operasi pengangkatan gigi geraham bungsu yang terpendam? Berikut beberapa hal yang mungkin terjadi pasca operasi gigi bungsu yang mungkin telah dijelaskan oleh dokter gigi tetapi Dentalosophers lupa akibat terlalu gugup pada prosedur operasinya:

  1. Dentalosophers mungkin masih akan mengalami perdarahan setelah pengangkatan gigi geraham bungsu. Cobalah untuk tidak meludah berlebihan sehingga tidak harus mengeluarkan gumpalan darah dari gusi atau gigi. Ganti kasa seperti yang sudah diarahkan oleh dokter gigi.
  2. Atasi rasa sakit dengan obat yang telah diresepkan oleh dokter. Selain itu, Dentalosophers, bisa juga dengan mengompres pipi dengan es di sisi rahang area gigi yang dioperasi untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.
  3. Bengkak pasti terjadi pada pipi Dentalosophers. Jangan khawatir, hal ini akan mereda dalam waktu tiga hari. Mungkin, Dentalosophers juga akan mengalami memar, biasanya akan terjadi selama beberapa hari.
  4. Setelah pencabutan gigi bungsu, ada baiknya Dentalosophers beristirahat dulu, sehingga bisa kembali beraktivitas secepatnya.
  5. Minum banyak air putih juga diperlukan setelah operasi. Hindari minuman seperti alkohol, kafein, minuman berkarbonasi, atau minuman panas pada 24 jam pertama. Hindari juga meminum lewat sedotan sebab dapat membuat gumpalan darah terlepas.
  6. Pilihlah makanan yang lembut seperti bubur dan yogurt selama 24 jam. Hindari makanan yang keras untuk dikunyah, panas, dan pedas. Makanan tersebut dapat membuat iritasi pada luka operasi.
  7. Bersihkan mulut dengan berkumur menggunakan obat kumur secara perlahan, hindari menggosok gigi pada 24 jam pertama selanjutnya gosok gigi menggunakan sikat gigi kecil dengan bulu sikat yang lembut.
  8. Jika Dentalosophers merokok, sebaiknya tidak merokok dulu dalam 72 jam setelah operasi atau selama mungkin sampai sembuh. Rokok dapat menghambat proses penyembuhan.
  9. Jika terjadi komplikasi maka Dentalosophers dapat menghubungi atau kembali ke dokter, beberapa komplikasi pasca tindakan yang mungkin terjadi adalah sebagai berikut:
  • Sulit bernapas atau menelan
  • Perdarahan yang berlebihan
  • Demam
  • Nyeri parah bahkan setelah meminum obat untuk penghilang nyeri
  • Bengkak yang memburuk setelah dua atau tiga hari
  • Merasa kebas yang berkepanjangan
  • Mengeluarkan nanah

Hal tersebut memerlukan penanganan segera baik dengan rawat jalan maupun rawat inap tergantung dari keparahan komplikasi paska operasi.

     10. Ingat untuk kembali kontrol ke dokter gigi Dentalosophers setelah 7 hari untuk melepas jahitan bila ada.

Get well very soon, Dentalosophers!

Contact Us

Address

(Senopati) Jl. Senopati No.16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(Pondok Indah) Jl. Metro Pondok Indah SG.21 Pondok Indah, Jakarta Selatan (Mamamia Spa)
(Gandaria) Jl. Petogogan I No.16A Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(BSD) Gedung EduCenter Ground Floor Unit G-09 Kav. Commercial International School II No. 8 Jalan Sekolah Foresta, BSD City

Email

dentalosophy@gmail.com

Contact Number

Senopati 0819 08663338
Pondok Indah 0812 95372212
Gandaria 0878 8556 1639
BSD 0812 9146 9830