1. Education

FAKTA MENARIK TENTANG MANFAAT COKELAT BAGI KESEHATAN

Dentalosophers, tahukah kamu, hari valentine itu identik loh dengan cokelat. Selain menjadi simbol kasih sayang dan memiliki rasa yang lezat, ternyata cokelat juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Apa saja sih manfaat cokelat bagi kesehatan? Yuk simak penjelasan di bawah ini! 

Cokelat merupakan makanan yang berasal dari biji kakao. Cokelat mengandung lemak tak jenuh berupa asam oleat dan juga senyawa lainnya seperti katekin (flavonoid), kafein, alkaloid berupa theobromine dan phenethylamine. Cokelat juga memiliki kandungan mineral seperti natrium, kalium, kalsium, magnesium, serta zat besi. Sedangkan vitamin yang terkandung di dalam cokelat adalah vitamin A dan sedikit kandungan vitamin B12.

Berikut adalah berbagai manfaat cokelat yang perlu kamu ketahui nih Dentalosophers!

  1. Memiliki antioksidan yang tinggi untuk cegah penuaan dini
    • Cokelat hitam atau dark chocolate memiliki kandungan antioksidan polifenol, flavanol dan katekin yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas penyeybab penyakit dan penuaan dini. 
  2. Mengatur kadar kolesterol
    • Cokelat mengandung antioksidan polifenol dalam bentuk flavonoid ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  3. Menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung
    • Antioksidan yang terkandung dalam cokelat mampu merangsang terbentuknya nitrat oksida di dalam tubuh. Senyawa ini memiliki peran yang sangat penting untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah, sehingga tekanan darah tetap normal. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Jama network menyatakan bahwa mengonsumsi satu batang cokelat hitam pahit selama 18 minggu berturu-turut bisa menurunkan tekanan darah hingga sebesar 18% pada orang-orang yang memiliki hipertensi. Turunnya tekanan darah karena makan cokelat hitam sekaligus membantu melindungi Anda dari risiko stroke dan penyakit jantung lainnya. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Heart diketahui bahwa makan cokelat hitam bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 11 persen dan menurunkan risiko stroke sebesar 23 persen.
  4. Melindungi kulit
    • Kandungan antioksidan tinggi yang dimiliki cokelat dapat melindungi kulit dari sinar UV. Cokelat juga melancarkan aliran darah ke kulit sehingga kulit pun lebih sehat dan tentunya terlihat lebih cantik. 
  5. Mempertajam fungsi otak
    • Kandungan flavonboid pada cokelat hitam yang tinggi dipercaya dapat mempertajam memori, serta kemampuan berpikir logis. Flavanol juga dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak menjadi lebih lancar.
  6. Membuat bahagia
    • Kandungan senyawa dalam cokelat dapat meningkatkan hormon dopamin dan serotonin dalan otak. Kedua hormon ini memiliki peran memberikan rasa senang dan nyaman. Jadi manfaat cokelat yang dapat meningkatkan mood dan membuat seseorang lebih bahagia


Trik Mengonsumsi Cokelat

Beragam manfaat cokelat bisa saja diperoleh, asalkan dikonsumsi dengan baik, benar, dan tidak berlebih. Namun saat ini banyak cokelat dalam kemasan yang dipasarkan dengan banyak bahan tambahan, sehingga justru bisa mengakibatkan peningkatan kandungan lemak, gula, dan kalori. Hal ini tentunya tidak baik untuk kesehatan, karena dapat mengakibatkan beragam risiko penyakit.

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari cokelat, maka pilihlah bubuk kokoa tanpa pemanis. Satu sendok makan bubuk kokoa tanpa pemanis mengandung setidaknya 20 kalori, sekitar 0,5 gram lemak dan 1 gram serat. Berbeda dengan cokelat hitam, cokelat susu sama sekali tidak mengandung serat. Selain itu, cokelat susu mengandung kalori, lemak dan lemak jenuh lebih tinggi.

Untuk memperoleh berbagai manfaat kesehatan dari cokelat, Dentalosophers perhatikan dulu ya label pada kemasan produk sebelum membelinya. Sebaiknya, hindari produk dengan banyak bahan tambahan serta pemanis yang berlebihan.

Sehabis mengonsumsi cokelat, jangan lupa untuk menyikat gigimu ya Dentalosophers, supaya gigimu tetap sehat dan tidak berlubang.

Contact Us

Address

(Senopati) Jl. Senopati No.16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(Pondok Indah) Jl. Metro Pondok Indah SG.21 Pondok Indah, Jakarta Selatan (Mamamia Spa)
(Gandaria) Jl. Petogogan I No.16A Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(BSD) Gedung EduCenter Ground Floor Unit G-09 Kav. Commercial International School II No. 8 Jalan Sekolah Foresta, BSD City

Email

dentalosophy@gmail.com

Contact Number

Senopati 0819 08663338
Pondok Indah 0812 95372212
Gandaria 0878 8556 1639
BSD 0812 9146 9830