1. Education

Haruskah Olahraga Pakai Masker?

Munculnya penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona ini membuat kita harus selalu menjaga kesehatan dengan baik. Selain mengonsumsi vitamin dan makanan yang bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tentunya banyak juga dari Dentalosophers yang berolahraga sebagai salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tetap fit. Di masa new normal ini, penggunaan masker memang merupakan hal yang sangat penting dan esensial untuk mencegah penyebaran ataupun penularan dari virus corona sehingga banyak pertanyaan mengenai apakah berolahraga harus menggunakan masker atau tidak. Nah untuk lebih menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasan berikut ini ya!


Penggunaan masker di tengah pandemi Covid-19 ini memang saat penting, terutama penggunaannya saat di luar rumah, termasuk juga saat berolahraga. Menurut Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO), orang yang rajin berolahraga memiliki tingkat risiko paling rendah terhadap penularan penyakit. Tetapi penting untuk mempertimbangkan intensitas olahraga yang dilakukan. Olahraga dengan intensitas yang berat, tidak dianjurkan karena dapat menurunkan imunitas dan membuat tubuh membutuhkan oksigen yang lebih banyak, sehingga penggunaan masker untuk olahraga dengan intensitas berat sangat tidak memungkinkan. Olahraga ini biasanya hanya dilakukan oleh orang yang memiliki tujuan lain, seperti atlet. Namun, di masa pandemi seperti ini, lebih baik melakukan olahraga dengan intensitas yang ringan sampai sedang untuk tujuan kesehatan dan kebugaran, sehingga penggunaan masker dinilai harus untuk mencegah penyebaran dan penularan dari virus corona.


Sangat wajar bila penggunaan masker dinilai sangat mengganggu saat berolahraga dikarenakan napas menjadi kurang lega, sesak, dan tidak nyaman. Maka dari itu, tidak semua jenis masker dapat digunakan saat kamu hendak berolahraga. Kamu bisa memakai masker kain saat berolahraga karena masker jenis ini memiliki pori-pori yang lebih besar sehingga tidak menghambat pertukaran udara. Untuk penggunaan masker medis seperti masker bedah dan N95, tidak dianjurkan oleh World Health Organization (WHO). Masker medis diperuntukkan bagi tenaga medis yang memang berada dalam lingkungan yang berisiko tinggi terhadap paparan virus karena memiliki kekedapan dan kemampuan untuk menyaring udara yang baik, sehingga masker jenis ini tidak direkomendasikan untuk digunakan saat berolahraga karena dapat membuat kesulitan bernapas.


Jadi, penggunaan masker saat berolahraga itu perlu ya, Dentalosophers! Kamu juga bisa meminimalisir risiko penyebaran dan penularan dengan tetap menjaga jarak aman dengan orang lain saat berolahraga, atau memilih lokasi olah raga yang tidak ramai atau banyak kerumunan orang. Walaupun olah raga memang penting untuk dilakukan, tetapi protokol kesehatan yang berlaku jangan dilupakan ya.

Contact Us

Address

(Senopati) Jl. Senopati No.16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(Pondok Indah) Jl. Metro Pondok Indah SG.21 Pondok Indah, Jakarta Selatan (Mamamia Spa)
(Gandaria) Jl. Petogogan I No.16A Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(BSD) Gedung EduCenter Ground Floor Unit G-09 Kav. Commercial International School II No. 8 Jalan Sekolah Foresta, BSD City

Email

dentalosophy@gmail.com

Contact Number

Senopati 0819 08663338
Pondok Indah 0812 95372212
Gandaria 0878 8556 1639
BSD 0812 9146 9830