1. Education

Jaga Kesehatan Gigi Susu Si Kecil, Yuk!


 


 

Gigi susu merupakan gigi pertama anak sebelum tumbuhnya gigi sulung/ tetap. Gigi susu memegang peranan penting dalam berbagai aktivitas si kecil, mulai sejak menyusu hingga makan. Itulah sebabnya menjaga kesehatan gigi susu sangat penting dan harus dilakukan dengan tekun dan teratur. 

 

Gigi susu anak ternyata juga tidak terlepas dari masalah, mulai dari gigi berlubang, gigi tanggal sebelum waktunya, atau gigi berubah warna, yang dapat menganggu fungsi pengunyahan, fungsi bicara, maupun estetik. Masalah-masalah ini jangan dianggap remeh ya, karena dapat membuat si kecil tidak nyaman dan menganggu aktivitasnya sehari-hari. Bukan hanya itu, kerusakan yang lebih parah dapat mengganggu proses tumbuh kembang dan berdampak negatif pada gigi sulung/ tetap yang akan menggantikannya. Anak yang gigi susunya rusak juga berisiko lebih tinggi memiliki susunan gigi sulung/ tetap yang berantakan.

 

Meskipun pada akhirnya gigi susu akan tanggal dan digantikan dengan gigi sulung/ tetap, kesehatannya tetap perlu dijaga ya, Dentalosophers! Hal ini agar gigi susu bisa tumbuh dengan baik, sehingga pertumbuhan gigi sulung/ tetap nantinya baik. Untuk meminimalisir masalah gigi susu si kecil, tindakan pencegahan dan perawatan yang baik perlu dilakukan, dan tentunya dengan dampingan oleh orang tua. Sangat disarankan bagi orang tua untuk selalu memantau pertumbuhan dan kondisi gigi susu.

 

Berikut adalah cara-cara menjaga gigi susu si kecil agar tetap sehat:

1.     Perkenalkan menyikat gigi kepada anak

Begitu gigi susu pertama muncul, perkenalkan dan ajak si kecil untuk rutin menyikat giginya dan bagian lidah jangan sampai terlewatkan untuk dibersihkan ya. Waktu yang tepat untuk menyikat gigi adalah 2x sehari, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Selalu dampingi anak pada saat proses menyikat gigi agar gigi dan gusi benar-benar bersih.

2.     Gunakan sikat dan pasta gigi yang tepat

Pastikan sikat dan pasta gigi tepat sesuai dengan usia si kecil. Pilihlah sikat dan pasta gigi yang memang dibuat khusus untuk anak. Biasanya bulu sikat gigi untuk anak lebih halus dibandingkan dengan bulu sikat gigi orang dewasa, dan pastikan pasta gigi mengandung fluoride untuk mencegah gigi berlubang.

3.     Berikan makanan yang sehat

Mengkonsumsi makanan sehat dan tinggi serat, seperti sayur dan buah (terutama apel) dapat membantu menjaga kesehatan gigi susu si kecil. Makanan sehat dan tinggi serat dapat membersihkan gigi karena teksturnya yang padat dan renyah, yang disebut juga dengan self-cleansing food.

4.     Rutin periksakan gigi si kecil ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali

Untuk memantau kondisi gigi susu, periksakan gigi si kecil ke dokter gigi secara rutin, yaitu setiap 6 bulan sekali. Dengan demikian dokter gigi bisa mengidentifikasi apakah ada masalah pada gigi susunya. Biasanya, dokter gigi memiliki cara pendekatan tersendiri yang menarik dan membuat si kecil merasa nyaman berkunjung ke klinik.

Contact Us

Address

(Senopati) Jl. Senopati No.16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(Pondok Indah) Jl. Metro Pondok Indah SG.21 Pondok Indah, Jakarta Selatan (Mamamia Spa)
(Gandaria) Jl. Petogogan I No.16A Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(BSD) Gedung EduCenter Ground Floor Unit G-09 Kav. Commercial International School II No. 8 Jalan Sekolah Foresta, BSD City

Email

dentalosophy@gmail.com

Contact Number

Senopati 0819 08663338
Pondok Indah 0812 95372212
Gandaria 0878 8556 1639
BSD 0812 9146 9830