1. Education

Jaga Stamina Saat Berpuasa Agar Aktivitas Tetap Lancar


 

Hey Dentalosophers! Gimana kabar kalian saat menjalankan ibadah puasa? Semoga masih tetap semangat dan sehat terus ya!

Nah, Ketika berpuasa ada hukum wajib yang harus diikuti, yaitu menahan lapar dan haus selama sehari penuh, dari waktu imsak hingga maghrib. Hal ini dapat membuat tubuh mengalami perubahan dari pola tidur, pola makan, olahraga, hingga aktivitas harian. Tidak jarang perubahan-perubahan ini menimbulkan penurunan stamina dan dapat menyebabkan badan menjadi lemas dan moody.

Tenang aja, Dentalosophers, berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga stamina saat menjalani ibadah puasa.

1.    Optimalkan waktu tidur

Selama berpuasa, pasti pola tidur berubah karena waktu sahur. Hal ini mungkin menyebabkan kamu merasa kurang tidur, sehingga saat beraktivitas kamu cenderung merasa lemas. Maka dari itu, siasatilah jadwal tidur dengan tidur lebih cepat dari biasanya agar waktu tidur tetap optimal, yaitu 7-8 jam per hari.

2.    Pilih makanan yang sehat

Memilih makanan yang sehat sangat penting untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi baik. Terlebih saat puasa, memilih makanan sehat sudah menjadi sebuah keharusan. Makan makanan dengan gizi seimbang saat berbuka dan sahur dapat membantu mencukupi kebutuhan gizimu selama menjalani puasa.

3.    Perbanyak konsumsi air putih

Ketika kamu berpuasa, tubuh rentan mengalami dehidrasi yang dapat menyebabkan kamu merasa lemas. Untuk itu, hindari dehidrasi dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih cukup, yaitu sebanyak 2 liter setiap hari di antara waktu sahur dan berbuka puasa.

4.    Konsumsi multivitamin

Multivitamin dapat menjadi pilihan untuk kamu yang ingin menjaga stamina tubuh selama berpuasa, apalagi kalau aktivitasmu padat. Dengan rutin mengonsumsi multivitamin, imun tubuh akan meningkat, tubuh terasa lebih segar, dan lebih semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

5.    Jangan lewatkan waktu sahur

Makan sahur adalah hal yang penting dan tidak boleh terlewatkan. Makanan yang dikonsumsi saat sahur dapat menjadi energi saat menjalani aktivitas ketika berpuasa. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti oatmeal,ubi, roti gandum, nasi merah, jagung dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup ya.

Menjaga stamina itu penting ya Dentalosophers, apalagi saat kamu menjalani ibadah puasa. Jadi jangan sampai aktivitas harianmu terganggu karena menurunnya stamina tubuhmu.

Contact Us

Address

(Senopati) Jl. Senopati No.16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(Pondok Indah) Jl. Metro Pondok Indah SG.21 Pondok Indah, Jakarta Selatan (Mamamia Spa)
(Gandaria) Jl. Petogogan I No.16A Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(BSD) Gedung EduCenter Ground Floor Unit G-09 Kav. Commercial International School II No. 8 Jalan Sekolah Foresta, BSD City

Email

dentalosophy@gmail.com

Contact Number

Senopati 0819 08663338
Pondok Indah 0812 95372212
Gandaria 0878 8556 1639
BSD 0812 9146 9830