1. Education

Kenali Pertumbuhan Gigi pada Anak

Apakah Dentalosophers tahu kapan gigi itu terbentuk dan tumbuh? Periode pertumbuhan gigi dimulai sejak dalam kandungan pada usia kehamilan kira-kira 5-6 minggu. Gigi sulung mulai erupsi pada anak usia 5 - 6 bulan dan lengkap kira-kira usia 2,5 - 3 tahun. Tanda-tanda erupsi gigi sulung, antara lain:

  • Suhu tubuh anak meningkat, pipi terasa panas dan memerah
  • Adanya rasa sakit dan tidak nyaman pada mulut
  • Keluar air liur berlebih
  • Secara klinis terlihat gusi menjadi merah, gatal, bengkak atau terasa panas
  • Tampak bercak putih atau bahkan seperti tulang putih (yang sebenarnya adalah benih gigi) muncul pada gusinya
  • Anak sering resah dan rewel

Banyak orang tua yang beranggapan bahwa gigi sulung hanya sementara dan akan diganti oleh gigi tetap sehingga mereka tidak memperhatikan kebersihan gigi anaknya. Padahal sebenarnya justru pada masa gigi sulung itulah anak harus mulai diajarkan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan giginya karena:

  1. Pada masa gigi sulung,sedang terjadi pembentukan gigi tetap didalam tulang. Sehingga jika ada kerusakan gigi sulung yang parah dapat mengganggu proses pembentukan gigi tetapnya. Hal ini dapat mengakibatkan gigi tetap tumbuh dengan tidak normal.
  2. Mulut adalah pintu utama masuknya makanan kedalam perut. Mulut adalah lokasi pertama yang dilalui makanan dalam proses pencernaan. Jika terjadi gangguan pada mulut maka akan mengganggu kelancaran proses pencernaan.
  3. Infeksi yang terjadi pada gigi dan mulut dapat mempengaruhi kesehatan organ didalam tubuh seperti jantung, paru-paru, ginjal,dll. Karena infeksi dalam mulut dapat menyebar kedalam organ-organ tersebut yang disebut dengan fokal infeksi.
  4. Infeksi gigi dan mulut yang diderita anak akan membuat anak menjadi malas beraktivitas dan akan mengganggu proses belajar mereka.

 Maka dari itu, mari ajarkan anak Dentalosophers untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya sedini mungkin. Selain itu, perkenalkan dokter gigi sebagai sahabat anak agar mereka berani untuk mendapat perawatan gigi dan mulut bila diperlukan.

Contact Us

Address

(Senopati) Jl. Senopati No.16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(Pondok Indah) Jl. Metro Pondok Indah SG.21 Pondok Indah, Jakarta Selatan (Mamamia Spa)
(Gandaria) Jl. Petogogan I No.16A Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(BSD) Gedung EduCenter Ground Floor Unit G-09 Kav. Commercial International School II No. 8 Jalan Sekolah Foresta, BSD City

Email

dentalosophy@gmail.com

Contact Number

Senopati 0819 08663338
Pondok Indah 0812 95372212
Gandaria 0878 8556 1639
BSD 0812 9146 9830