1. Education

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Hey Dentalosophers! Pasti banyak nih dari Dentalosophers yang punya kebiasaan untuk minum kopi, terutama di pagi hari agar lebih bersemangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Selain memiliki manfaat untuk menahan rasa kantuk, ternyata kopi juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh kita loh! Apa saja ya manfaat kopi bagi kesehatan? Yuk simak penjelasan seputar kopi di bawah ini!

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Seduhan kopi tidak hanya mengandung kafein saja, tetapi juga mengandung antioksidan dan mineral penting di dalamnya, seperti riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, magnesium, dan niasin.

Nah, dari beragam kandungan kopi tersebut, berikut adalah manfaat kopi untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui:

1. Meningkatkan fungsi otak

Kafein yang terkandung di dalam kopi bersifat stimulan. Ketika kita minum kopi, kafein akan terserap ke aliran darah dan langsung bergerak menuju otak, sehingga fungsi otak termasuk daya ingat, kewaspadaan, fokus, sampai kemampuan merespons sesuatu menjadi meningkat.

2. Membantu membakar lemak

Ternyata, kopi dapat juga membantu untuk membakar lemak karena kafein yang terkandung di dalam kopi dapat merangsang saraf dan memberikan sinyal kepada sel lemak agar segera memecah lemak dalam tubuh. Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh dari 3% hingga 11% (menurut penelitian oleh departemen nutrisi Universitas London).

3. Meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh

Kopi, terutama kopi hitam dapat meningkatkan jumlah antioksidan di dalam tubuh karena kopi ini mengandung vitamin B2, B3, B5, mangan, potasium, dan magnesium

4. Meningkatkan kapasitas kinerja fisik

Kafein dapat meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah sehingga tubuh lebih siap untuk melakukan aktivitas fisik yang intens. Hal ini juga dipengaruhi oleh efek kafein yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan memecahkan lemak dalam tubuh, sehingga tubuh memiliki bahan bakar ekstra dari metabolisme lemak. 

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh bagian ilmu biomedis Universitas Luton menyatakan bahwa kafein dapat meningkatkan kapasitas kinerja fisik rata-rata 11-12%.

5. Membantu mengurangi stres dan depresi

Kopi dapat merangsang sistem saraf pusat sehingga produksi neurotransmiter seperti dopamine, serotonin, dan noradrenalin meningkat. Dengan begitu, suasana hati pun juga dapat membaik.

Sebuah penelitian dari Harvard University membuktikan, wanita yang minum empat cangkir kopi per hari memiliki risiko terkena depresi 20% lebih rendah dibandingkan wanita yang tidak minum kopi

6. Membantu menjaga kesehatan hati

Hati merupakan organ penting yang menjalankan beragam peran vital bagi tubuh. Banyak penyakit-penyakit mematikan yang menyerang fungsi hati, seperti hepatitis, dan lain-lain.

Penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti dari program perawatan medis Kaiser Pemanente menyatakan bahwa orang yang minum empat cangkir kopi atau lebih kopi hitam per hari dapat mengurangi risiko terkena penyakit hati hingga 80%.

 

Manfaat yang didapatkan dari minum kopi setiap hari memang banyak dan baik untuk kesehatan tubuh kita ya, Dentalosophers, tetapi kamu juga harus mengatur waktu untuk meminum kopi sesuai dengan ritme sirkadian loh!

Ritme sikardian adalah jam biologis yang mengatur kapan saat tidur, makan, dampai mengendalikan hormon stres (kortisol). Jadi sebenarnya, ahli menyarankan waktu terbaik untuk minum kopi adalah di pagi hari setelah bangun tidur, saat kadar hormon kortisol di dalam tubuh sedang rendah.

Tidak hanya mengingat kapan waktu yang paling baik untuk minum kopi, tetapi pastikan kamu tidak minum kopi lebih dari empat cangkir per hari ya, Dentalosophers. Selain itu, hindari juga tambahan sirup, gula, pemanis buatan, krim kocok, atau susu berlemak jenuh yang berlebihan saat minum kopi.

Jangan lupa juga untuk selalu berkumur dengan air putih sehabis minum kopi untuk mencegah stain pada gigi. Kamu juga perlu menyikat gigimu dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan minum kopi, dan juga malam hari sebelum tidur, karena kopi yang mengandung tambahan seperti sirup, gula, dan susu dapat menyebabkan gigi berlubang bila kamu tidak menyikat gigimu.

Contact Us

Address

(Senopati) Jl. Senopati No.16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(Pondok Indah) Jl. Metro Pondok Indah SG.21 Pondok Indah, Jakarta Selatan (Mamamia Spa)
(Gandaria) Jl. Petogogan I No.16A Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(BSD) Gedung EduCenter Ground Floor Unit G-09 Kav. Commercial International School II No. 8 Jalan Sekolah Foresta, BSD City

Email

dentalosophy@gmail.com

Contact Number

Senopati 0819 08663338
Pondok Indah 0812 95372212
Gandaria 0878 8556 1639
BSD 0812 9146 9830