1. Education

Mengenali apa itu Atrisi gigi?





Hey Dentalosophers, masih ingatkan tentang bruxism? Nah, bruxism itu merupakan kebiasaan buruk berupa menggertakan gigi, dan pada umumnya dilakukan saat tidur dan secara tidak sadar. Ternyata dari kebiasaan buruk yang satu ini, dapat menyebabkan atrisi gigi loh!

 

Atrisi gigi itu sendiri merupakan hilangnya lapisan gigi/ keausan gigi (biasanya permukaan atas gigi) yang disebabkan oleh gesekan antara gigi, misalnya karena proses pengunyahan dan atau kebiasaan menggertakan gigi yang berulang-ulang (bruxism). 

 

Gigi depan maupun gigi belakang memiliki tonjolan dan permukaan kunyah (oklusal/ insisal), sehingga bila tonjol dan permukaan itu hilang atau menjadi rata, artinya gigi mengalami keausan (atrisi).

 

Kondisi ringan ini tidak memerlukan perawatan gigi khusus. Pada kondisi hilangnya lapisan gigi yang lebih parah, yang menyebabkan email, dentin, dan pulpa yang berisi pembuluh darah dan saraf terekspos, dapat meningkatkan sensasi rasa ngilu. Namun, jika pulpa sudah terbuka, maka perawatan saluran akar gigi harus dilakukan dan diperlukan pembuatan mahkota gigi. Bila atrisi gigi berkaitan dengan bruxism, maka diperlukan pembuatan pelindung gigi berupa night guard.

Contact Us

Address

(Senopati) Jl. Senopati No.16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(Pondok Indah) Jl. Metro Pondok Indah SG.21 Pondok Indah, Jakarta Selatan (Mamamia Spa)
(Gandaria) Jl. Petogogan I No.16A Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(BSD) Gedung EduCenter Ground Floor Unit G-09 Kav. Commercial International School II No. 8 Jalan Sekolah Foresta, BSD City

Email

dentalosophy@gmail.com

Contact Number

Senopati 0819 08663338
Pondok Indah 0812 95372212
Gandaria 0878 8556 1639
BSD 0812 9146 9830