1. Education

Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi dengan Self-Cleansing Food


 


Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita sebaiknya mengandung gizi yang seimbang. Tidak hanya hewani saja ya Dentalosophers, tetapi asupan nabati juga tidak boleh terlewatkan dalam menu makanan sehari-hari.

Ternyata ada jenis makanan tertentu yang dapat membersihkan gigi dan membantu dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi kita loh. Makanan-makanan ini disebut sebagai self-cleansing food. Biasanya makanan-makanan ini merupakan makanan yang padat, renyah, dan juga tinggi serat, seperti buah dan sayur. 


Self-cleansing terjadi saat makanan dikunyah dalam rongga mulut. Ketika dikunyah, makanan tersebut dapat menggosok permukaan gigi yang dipenuhi plak. Hilangnya plak pada gigi akan menjaga gigi dan gusi tetap bersih dan sehat. Self-cleansing food juga dapat menstimulasi produksi air liur (saliva) yang berperan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan gusi. Selain itu, air liur juga dapat menetralkan asam penyebab gigi berlubang dan dapat memperbaiki kerusakan awal dari jaringan gigi karena kandungan kalsium dan fosfat yang dimilikinya. 


Sangat disarankan untuk mengkonsumsi self-cleansing food sebagai makanan penutup atau makanan yang dimakan terakhir. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusimu:

  1. Apel

  2. Wortel

  3. Batang seledri

  4. Pir

  5. Selada


Dengan mengkonsumsi self-cleansing food, bukan berarti kita tidak perlu menyikat gigi ya, Dentalosophers. Kita tetap perlu menjaga kesehatan gigi dan gusi kita dengan menyikat gigi minimal 2x sehari, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Dan, jangan lupa untuk menunggu 30 menit ketika kamu ingin menyikat gigimu setelah makan.

Contact Us

Address

(Senopati) Jl. Senopati No.16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(Pondok Indah) Jl. Metro Pondok Indah SG.21 Pondok Indah, Jakarta Selatan (Mamamia Spa)
(Gandaria) Jl. Petogogan I No.16A Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(BSD) Gedung EduCenter Ground Floor Unit G-09 Kav. Commercial International School II No. 8 Jalan Sekolah Foresta, BSD City

Email

dentalosophy@gmail.com

Contact Number

Senopati 0819 08663338
Pondok Indah 0812 95372212
Gandaria 0878 8556 1639
BSD 0812 9146 9830