1. Education

Night Guard: Pelindung Gigimu dari Bruxism

Hai Dentalosophers, mungkin beberapa dari kamu memiliki kebiasaan buruk menggesekkan gigi tanpa disadari. Nah, kebiasaan buruk tersebut dinamakan dengan bruxism, dimana terjadinya aktivitas parafungsi berupa gerakan clenching dan grinding dari gigi geligi. Clenching adalah mengatupkan rahang atas dengan rahang bawah secara kuat disertai dengan timbulnya suara yang cukup keras. Grinding adalah menggesek-gesekkan gigi geligi rahang atas dengan rahang bawah kekanan dan kekiri secara kuat. Hal ini dapat terjadi tanpa kamu sadari pada siang hari saat menjalani aktivitas, namun paling sering bruxism terjadi malam hari saat kamu sedang tertidur.

 

Adapun gejala dari bruxism berupa:

1.     Menggesekkan gigi

2.     Sakit kepala saat terbangun dari tidur

3.     Nyeri pada sendi rahang

4.     Nyeri pada wajah

5.     Kelelahan karena tidur terganggu


Bila dibiarkan, maka bruxism dapat menyebabkan:

1.     Kehilangan struktur email (jaringan keras gigi) yang menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif

2.     Kegoyangan gigi dan kerusakan jaringan periodontal

3.     Sakit kepala dan nyeri pada otot pengunyahan

4.     Gangguan pada sendi rahang

 

Penyebab dari bruxism itu sendiri belum diketahui, namun diduga stres dan kecemasan merupakan faktor pemicu dari kebiasaan buruk ini. Untuk mencegah kerusakan yang terjadi akibat bruxism, maka perlu dibuat sebuah alat pelindung gigi berupa night guard.

 

Night guard merupakan suatu plat yang dibuat untuk menutupi permukaan kunyah gigi rahang atas dan bawah, dan dipakai ketika tidur untuk melindungi gigi dari kebiasaan bruxism agar gigi tidak mengalami kerusakan seperti atrisi. Atrisi adalah hilangnya lapisan gigi/ keausan gigi (biasanya permukaan atas gigi) yang disebabkan oleh gesekan antara gigi. Gigi depan maupun gigi belakang memiliki tonjolan dan permukaan kunyah (oklusal/ insisal), sehingga bila tonjol dan permukaan itu hilang atau menjadi rata, artinya gigi mengalami keausan (atrisi).

 

Terdapat beberapa tipe night guard, yaitu:

1.     Hard night guard (Tipe keras)

Night guard tipe keras terbuat dari akrilik yang dapat dilepas pasang dan digunakan sementara.

2.     Soft night guard (Tipe lunak)

Night guard tipe lunak adalah tipe night guard yang terbuat dari bahan yang lentur seperti vinyl thermoplastic dan paling sering digunakan pada kasus bruxism yang ringan.

 

Bila kamu memiliki kebiasaan buruk bruxism dan mengalami keausan gigi karenanya, segeralah periksakan dan konsultasikan dengan dokter gigi agar kamu mendapatkan perawatan yang tepat, sehingga kamu terhindar dari dampak buruk bruxism

Contact Us

Address

(Senopati) Jl. Senopati No.16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(Pondok Indah) Jl. Metro Pondok Indah SG.21 Pondok Indah, Jakarta Selatan (Mamamia Spa)
(Gandaria) Jl. Petogogan I No.16A Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(BSD) Gedung EduCenter Ground Floor Unit G-09 Kav. Commercial International School II No. 8 Jalan Sekolah Foresta, BSD City

Email

dentalosophy@gmail.com

Contact Number

Senopati 0819 08663338
Pondok Indah 0812 95372212
Gandaria 0878 8556 1639
BSD 0812 9146 9830