1. Education

Sikat gigi 30 menit setelah makan, kenapa?


Menyikat gigi merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan setiap hari, terlebih pada saat pagi hari setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Selain untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, menyikat gigi juga bertujuan untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan dan bakteri. Meskipun menyikat gigi setelah makan tampak lebih menyehatkan, namun jika dilakukan sesaat setelah makan, ternyata malah dapat merusak gigi kita loh.

 

Makanan atau minuman tertentu memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi, yang dapat diolah bakteri penyebab gigi berlubang dengan mudah. Hasil dari pengolahan karbohidrat dan gula tersebut akan membuat keadaan mulut menjadi asam, dimana pH (derajat keasaman) air liur akan turun dari nilai normalnya (6,5-7,5) menjadi pH kritis, yang nilainya berkisar 4,5-5,5. Pada keadaan nilai pH kritis, maka kondisi mulut akan menjadi asam dan menyebabkan bakteri dapat berkembang dengan sangat pesat dan lapisan gigi akan kehilangan mineralnya, yang kemudian disebut sebagai demineralisasi. Demineralisasi yang terus menerus akan membuat gigi keropos dan berlubang.

 

Untuk mencegah terjadinya kerusakan gigi yang lebih lanjut akibat demineralisasi tersebut, sangat disarankan untuk menyikat gigi 30 menit setelah makan. Menunggu 30 menit atau lebih akan membantu mulut menetralkan asam dan memberi kesempatan untuk mengembalikan mineral gigi yang hilang (remineralisasi). Aturan ini berlaku baik untuk anak-anak maupun orang dewasa ya! 

 

Jadi, hindarilah langsung menyikat gigi sesaat setelah makan, ya Dentalosophers!

Contact Us

Address

(Senopati) Jl. Senopati No.16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(Pondok Indah) Jl. Metro Pondok Indah SG.21 Pondok Indah, Jakarta Selatan (Mamamia Spa)
(Gandaria) Jl. Petogogan I No.16A Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(BSD) Gedung EduCenter Ground Floor Unit G-09 Kav. Commercial International School II No. 8 Jalan Sekolah Foresta, BSD City

Email

dentalosophy@gmail.com

Contact Number

Senopati 0819 08663338
Pondok Indah 0812 95372212
Gandaria 0878 8556 1639
BSD 0812 9146 9830