1. Education

WAJIB TAHU! WAKTU YANG TEPAT UNTUK PERAWATAN GIGI IBU HAMIL

Masih banyak yang beranggapan kalau ibu hamil sebaiknya tidak pergi ke dokter gigi. Alasannya, tindakan yang dilakukan atau obat yang akan diberikan oleh dokter gigi dapat membahayakan janin yang dikandung. Tetapi perlu diingat ya Dentralosophers, anggapan ini sama sekali tidak benar. Masa kehamilan merupakan masa rentan terjadinya gangguan pada kesehatan gigi dan mulut, sehingga perawatan gigi dan mulut yang lebih menyeluruh diperlukan. Namun, memang tidak semua tindakan atau obat terkait kondisi gigi dan mulut dapat diberikan kepada ibu hamil. Dokter gigi perlu melakukan pememeriksa terlebih dahulu, kemudian menentukan perawatan yang tepat.

Lalu, kapan ya waktu yang tepat untuk pergi ke dokter gigi saat sedang hamil?

Sebelum itu, Dentalosophers harus tau, bahwa kehamilan sangat berpengaruh terhadap kesehatan gigi dan mulut, antara lain peradangan gusi, granuloma pada gusi, erosi email gigi, produksi air liur berlebihan, mulut kering, dan kegoyangan gigi. 

Pada masa kehamilan, kadar hormon estrogen dan progesteron sangat tinggi dan dapat menyebabkan gusi mengalami pembengkakan, menjadi sensitif, dan bereaksi berlebihan pada semua hal yang sifatnya mengiritasi, termasuk menimbulkan plak dan bakteri-bakteri di rongga mulut. Gusi akan terasa nyeri dan mudah berdarah saat makan atau menyikat gigi. Keadaan seperti ini disebut pregnancy gingivitis atau peradangan gusi (gingivitis) di masa kehamilan. 

Selain itu, ibu hamil sering mengalami mual dan muntah. Pada saat muntah, seseorang akan mengeluarkan isi lambungnya yang terdiri dari makanan yang bercampur dengan cairan lambung. Cairan lambung bersifat asam dan bersifat korosif, sehingga paparan cairan lambung dengan frekuensi tinggi pada gigi akan mengikis enamel gigi dan menyebabkan gigi mudah berlubang. Rusaknya enamel juga meningkatkan risiko masuknya bakteri penyebab infeksi. 

Hal lain yang sering kali tidak disadari tetapi berpotensi menyebabkan kerusakan gigi pada ibu hamil adalah ngidam (food cravings). Makanan yang diidamkan sangat bervariasi, salah satunya adalah makanan-makanan tinggi gula yang sifatnya bisa merusak gigi. Terlebih lagi bila ngidam terjadi di malam hari dan langsung tidur setelahnya. Sisa makanan yang tidak dibersihkan merupakan sumber nutrisi bagi bakteri penyebab kerusakan gigi.

Waktu yang tepat untuk pergi ke dokter gigi pada saat kehamilan tergantung dari kebutuhan perawatan. Berikut jenis perawatan yang dapat dilakukan tiap trimester, antara lain: 

  • Trimester 1 dapat dilakukan peningkatan oral hygiene, pembersihan karang gigi, dan tindakan darurat.
  • Trimester 2 dapat dilakukan pembersihan karang gigi dan kuretase gusi, penambalan gigi, perawatan saluran akar gigi, dan pencabutan gigi (dengan persyaratan khusus).
  • Trimester 3 sebaiknya semua tindakan dokter gigi ditunda 3 minggu sebelum melahirkan, kecuali darurat.


Namun, setiap tindakan perawatan gigi seperti pencabutan gigi, insisi dan drainase, serta perawatan saluran akar yang memerlukan pembiusan lokal, sebaiknya dilakukan pada trimester kedua dan harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari dokter spesialis kandungan yang sedang merawat kehamilan.

Contact Us

Address

(Senopati) Jl. Senopati No.16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(Pondok Indah) Jl. Metro Pondok Indah SG.21 Pondok Indah, Jakarta Selatan (Mamamia Spa)
(Gandaria) Jl. Petogogan I No.16A Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(BSD) Gedung EduCenter Ground Floor Unit G-09 Kav. Commercial International School II No. 8 Jalan Sekolah Foresta, BSD City

Email

dentalosophy@gmail.com

Contact Number

Senopati 0819 08663338
Pondok Indah 0812 95372212
Gandaria 0878 8556 1639
BSD 0812 9146 9830