1. Education

Waktu yang Tepat untuk Mengganti Sikat Gigimu

Menyikat gigi merupakan rutinitas yang pasti Dentalosophers lakukan setiap hari. Tujuannya adalah untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Umumnya, menyikat gigi dilakukan 2 kali sehari, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum kamu tidur. Tetapi apakah Dentalosophers tau waktu yang tepat untuk mengganti sikat gigi yang setiap hari kamu gunakan untuk menyikat gigi? 

Perlu Dentalosophers ketahui sebelumnya, bahwa setiap sikat gigi memiliki kualitas yang berbeda-beda. Ada yang tahan dipakai untuk waktu yang lama, namun ada juga yang bulu sikatnya cepat rusak. Lalu, apakah mengganti sikat gigi hanya dilihat dari keadaan bulu sikat saja?

Jawabannya adalah belum tentu ya Dentalosopher, berikut ini adalah waktu yang tepat untuk mengganti sikat gigimu:

1. Mengganti sikat gigi secara rutin setiap 3-4 bulan sekali

Mulut merupakan salah satu tempat akumulasi bakteri dan mikroorganisme lainnya. Maka dari itu, perlu untuk mengganti sikat gigi secara rutin untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Nah, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh The American Dental Association, mengganti sikat gigi sebaiknya dilakukan setiap 3 sampai 4 bulan sekali. 

2. Bulu sikat sudah berantakan

Salah satu tanda kamu perlu mengganti sikat gigi adalah dengan melihat keadaan bulu sikat gigi. Bulu sikat yang sudah dalam keadaan berantakan sudah tidak efektif lagi untuk membersihkan permukaan gigi secara menyeluruh.

3. Sikat gigi berubah warna

Selain kerapihan bulu sikat gigi, warna pada sikat gigi juga perlu diperhatikan. Perubahan warna dapat disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi, yang mengandung zat pewarna Bila sudah terjadi perubahan warna, tandanya kamu harus segera mengganti sikat gigimu.

4. Pada saat menyikat gigi, gusi selalu berdarah

Gusi yang mudah berdarah disebabkan oleh banyak hal. Selain karena peradangan gusi, mungkin bulu sikat yang kamu pilih adalah bulu sikat yang keras atau memang bulu sikatmu sudah berantakan sehingga bulu sikat melukai gusi. Segeralah ganti sikat gigi mu dengan yang baru dan bulu sikat yang lebih halus.


Dengan mengganti sikat gigi secara rutin dan di waktu yang tepat, maka kebersihan gigi dan mulut dapat dicapai dengan efektif dan kesehatan gigi dan mulut pun tetap terjaga

Contact Us

Address

(Senopati) Jl. Senopati No.16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(Pondok Indah) Jl. Metro Pondok Indah SG.21 Pondok Indah, Jakarta Selatan (Mamamia Spa)
(Gandaria) Jl. Petogogan I No.16A Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(BSD) Gedung EduCenter Ground Floor Unit G-09 Kav. Commercial International School II No. 8 Jalan Sekolah Foresta, BSD City

Email

dentalosophy@gmail.com

Contact Number

Senopati 0819 08663338
Pondok Indah 0812 95372212
Gandaria 0878 8556 1639
BSD 0812 9146 9830