1. Education

Waspada Kebiasaan Buruk Ini Dapat Membuat Gigimu Berantakan

Apakah Dentalosophers pernah merasa bingung memiliki susunan gigi yang tidak rapi padahal gigi anggota keluarga lainnya rapi? Mungkin salah satu penyebabnya adalah Dentalosophers memiliki kebiasaan buruk ketika masih kecil. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk ini dapat mempengaruhi susunan gigi:

Mengisap ibu jari tangan (thumbsucking)

Menghisap ibu jari adalah kebiasaan menempatkan ibu jari ke dalam mulut dengan bibir tertutup disekitar ibu jari. Gambaran khas akibat kebiasaan buruk ini adalah adanya tapak gigi pada ibu jari, gigi seri atas akan lebih maju ke arah bibir, sedangkan gigi seri bawah akan miring ke arah lidah.

Menjulurkan lidah (tonguethrusting)

Kebiasaan menjulurkan lidah merupakan kondisi dimana posisi lidah berada diantara gigi seri dan geraham rahang atas dan bawah. Hal tersebut menyebabkan gigi seri mengalami tekanan secara terus menerus sehingga terdorong ke arah bibir.

Bernapas melalui mulut (mouthbreathing)

Bernapas melalui mulut adalah suatu keadaan abnormal yang terjadi karena adanya kesulitan pengambilan dan pengeluaran napas secara normal melalui hidung, menyebabkan kebutuhan pernapasan dipenuhi lewat mulut. Gambaran khas akibat kebiasaan ini adalah pola pertumbuhan wajah secara vertikal, lengkung rahang yang menyempit, mulut terasa kering, gigi seri yang lebih maju ke arah bibir, dan tidak mampu untuk menutup bibir.

Menggigit kuku (nailbiting)

Menggigit kuku (nail biting) adalah suatu kebiasaan menggigit kuku pada anak dan remaja. Kebiasaan menggigit kuku umumnya tidak menyebabkan kondisi gigi berjejal yang terlalu berat. Akibat yang biasa terjadi, yaitu batas tepi gigi seri sedikit berputar, gigi berjejal ringan, dan dapat juga menyebabkan lapisan enamel gigi mengalami fraktur atau terkikis.

Menghisap bibir (lipsucking)

Menghisap bibir merupakan suatu kebiasaan untuk menghisap bibir yang dilakukan secara terus-menerus. Kebiasaan menghisap bibir dapat menyebabkan gigi yang tidak rapi tergantung bibir bagian mana yang dihisap. Apabila bibir atas yang dihisap, maka gigi seri atas akan masuk ke arah langit-langit mulut dan gigi seri bawah akan terdorong ke arah bibir. Sebaliknya, apabila bibir bawah yang dihisap, maka gigi seri atas akan terdorong ke arah bibir dan gigi seri bawah akan masuk ke arah lidah.

         Nah, coba Dentalosophers ingat-ingat lagi, kebiasaan buruk apa yang dulu pernah dilakukan. Jadi, mulai dari sekarang hentikan kebiasaan buruk yang dilakukan oleh anak, adik, atau keponakan Dentalosophers ya! Karena apabila segera dihentikan, mungkin susunan giginya tidak akan berantakan. Namun apabila sudah menimbulkan perubahan susunan posisi gigi, segera rawat dengan pilihan perawatan orthodontik yang sesuai, melalui konsultasi dengan dokter gigimu, ya!

Contact Us

Address

(Senopati) Jl. Senopati No.16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(Pondok Indah) Jl. Metro Pondok Indah SG.21 Pondok Indah, Jakarta Selatan (Mamamia Spa)
(Gandaria) Jl. Petogogan I No.16A Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(BSD) Gedung EduCenter Ground Floor Unit G-09 Kav. Commercial International School II No. 8 Jalan Sekolah Foresta, BSD City

Email

dentalosophy@gmail.com

Contact Number

Senopati 0819 08663338
Pondok Indah 0812 95372212
Gandaria 0878 8556 1639
BSD 0812 9146 9830