1. Education

Cara Meredakan Nyeri Pada Gigi

Ditengah wabah pandemi ini, mungkin ada sebagian dari Dentalosophers yang masih ragu untuk berobat ke klinik gigi. Tidak usah khawatir, berikut adalah beberapa cara mengobati sakit gigi di bawah ini mungkin bisa dijadikan pertolongan sementara sebelum kamu pergi ke dokter. Meredakan nyeri pada gigi juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami yang ada di rumahmu. Bagaimana caranya? Yuk kita simak penjelasan dibawah ini!

1. Es Batu

Pada kasus nyeri gigi yang parah, biasanya muncul juga pipi yang bengkak. Untuk meredakan kondisi tersebut, kamu bisa mengompres pipi yang bengkak dengan es batu. Selain meredakan bengkak, pengompresan dengan es batu juga membantu mengurangi nyeri serta perdarahan ke dalam jaringan gusi.

Caranya adalah bungkus beberapa keping es batu dalam sebuah handuk kecil. Lalu tempelkan handuk tersebut pada area pipi yang mengalami pembengkakan. Biarkan selama 15 menit-20 menit. Ulangi cara ini setidaknya tiga kali dalam sehari atau sampai bengkak di pipi Anda mereda.

 

2. Air Garam

Kumur dengan menggunakan air garam terbukti membantu meredakan peradangan serta rasa sakit di gusi dan gigi. Jangan lupa flossing gigi terlebih dahulu sebelum berkumur berkumur dengan air garam untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di gigi. 

Caranya adalah siapkan 1-2 sendok makan garam dapur, lalu larutkan ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur selama 30 detik, setelah itu buang. 

 

 

 

3. Cengkeh

Cengkeh mengandung sebuah senyawa bernama eugenol yang terbukti dapat meredakan rasa sakit secara alami. Cengkeh juga diketahui dapat membantu meredakan peradangan dan membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Cara menggunakan cengkeh sebagai obat sakit gigi alami bermacam-macam. Ada yang menyarankan menggigit batang cengkeh utuh pada area gigi yang sakit selama beberapa saat. Ada pula yang menyarankan pakai bola kapas yang dicelup ke minyak cengkeh dan ditempel pada gigi yang sakit.

4. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memiliki sifat antiradang, antimikroba, dan sekaligus pereda nyeri (analgesik) yang bisa jadi cara mengobati nyeri gigi di rumah. Daun ini dilaporkan membantu meredakan rasa nyeri pada gigi dan peradangan akibat penyakit gusi dan juga sariawan.

Cara pakainya, kunyah 1-2 lembar daun jambu sampai airnya keluar. Kemudian oleskan sari-sari daun dengan lidah kamu langsung pada gigi yang sakit. Atau kamu bisa merebus empat sampai lima lembar daun jambu kemudian saring dalam gelas. Diamkan dulu sampai hangat kuku, tambahkan sejumput garam. Gunakan larutan daun jambu tersebut sebagai obat kumur.

 

 

5. Bawang Putih

Bawang putih bekerja meredakan rasa nyeri dengan membunuh bakteri penyebab infeksi gigi. Cara menggunakannya adalah dengan mengunyah bawang putih mentah yang telah dikupas selama beberapa menit di sisi mulut yang giginya mengalami nyeri. Cara lainnya adalah dengan mengiris tipis bawang dan gigit irisan tersebut pada area gigi yang sakit. Kamu juga bisa menghaluskan bawang putih untuk dioleskan di area gigi yang ngilu. Namun, bawang putih tidak boleh terlalu lama dibiarkan di dalam mulut agar tidak mengakibatkan luka bakar pada selaput rongga mulut.

 


6. Lidah Buaya

Lidah buaya juga dapat digunakan sebagai obat alami tradisional untuk gigi yang sedang mengalami nyeri. Gel lidah buaya dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Caranya mudah sekali, kamu tinggal mengoleskan gel yang berasal dari lidah buaya asli pada area gigi yang nyeri.


7. Madu

Madu juga bersifat sebagai antiseptik dan antibakteri, sehingga dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan gigi ngilu. Beberapa penelitian juga melaporkan madu juga dapat membantu mencegah gigi berlubang dan radang gusi (gingivitis).

Caranya mudah, kamu bisa melarutkan satu sendok madu ke dalam segelas air hangat dan aduk rata. Gunakan air madu tersebut sebagai obat kumur selama 30 detik, lalu buang air yang terdapat di dalam mulutmu. Akhiri dengan minum air putih.

 



8. Obat Pereda Nyeri

Jika pereda rasa nyeri alami tersebut tidak juga meredakan nyeri pada gigimu, kamu bisa minum obat pereda nyeri. Pastikan kamu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter gigimu, dan jangan lupa membaca petunjuk pemakaian obat yang tertera pada label kemasan dengan seksama.

 

 

Namun, perlu diingat dan digarisbawahi bahwa bahan ini hanya berfungsi sebagai pertolongan darurat, bukan sebagai obat penyembuh. Berobat ke dokter gigi tetap merupakan cara terbaik untuk mengobat nyeri gigi yang sedang Anda alami. 

Contact Us

Address

(Senopati) Jl. Senopati No.16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(Pondok Indah) Jl. Metro Pondok Indah SG.21 Pondok Indah, Jakarta Selatan (Mamamia Spa)
(Gandaria) Jl. Petogogan I No.16A Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(BSD) Gedung EduCenter Ground Floor Unit G-09 Kav. Commercial International School II No. 8 Jalan Sekolah Foresta, BSD City

Email

dentalosophy@gmail.com

Contact Number

Senopati 0819 08663338
Pondok Indah 0812 95372212
Gandaria 0878 8556 1639
BSD 0812 9146 9830