1. Education

Jenis dan Fungsi Crown Gigi

Crown atau Mahkota gigi adalah pilihan perawatan yang digunakan dengan menjalankan prosedur pemasangan selubung diatas gigi yang rusak dan telah dipreparasi. Perawatan ini merupakan salah satu jenis restorasi indirect, yang digunakan untuk memperbaiki kerusakan gigi yang luas dan tidak dapat dilakukan restorasi konvensional, tetapi masih memiliki struktur gigi yang masih cukup.

Crown berfungsi untuk mengembalikan bentuk dan ukuran gigi, mengembalikan kekuatan gigi, melindungi gigi dari kerusakan, serta memperbaiki tampilan gigi secara estetik. 


Indikasi Mahkota Gigi : 

  • Karies gigi yang cukup luas, tidak dapat dilakukan restorasi konvensional
  • Anomali pertumbuhan gigi
  • Anomali bentuk gigi
  • Fraktur mahkota, kehilangan lebih dari 1/2 mahkota
  • Malposisi gigi


Kontraindikasi Mahkota Gigi :

  • Gigi terlalu pendek
  • Gigitan tertutup (close bite) atau gigitan edge-to-edge
  • Ketebalan struktur jaringan keras gigi yang kurang atau terlalu tipis
  • Pasien bruxism atau kebiasaan menggerinda gigi pada saat tidur


Jenis-Jenis Mahkota Gigi :

1. Porcelain Fused to Metal (PFM)-Crowns

Mahkota Porcelain Fused to metal (PFM)-Crowns menggunakan logam campuran yang dilapisi dengan porselen. Porselen menjadi bagian yang terlihat karena lebih estetik. Mahkota PFM memiliki kekuatan mekanik yang baik, namun memiliki sifat tidak tembus cahaya karena walaupun porselen memiliki sifat yang tembus cahaya, terdapat logam dibawahnya sebagai opaquer yang tidak tembus cahaya. Sehingga, mahakota PFM tidak se-alami gigi asli yang tembus cahaya.



2. All-Ceramic Emax Crowns

Mahkota All-Ceramic Emax memiliki sifat estetik paling baik. Mahkota Emax tidak mengandung bahan inti logam sama sekali, dan memiliki tampilan paling alami seperti gigi asli. Karena sifat estetiknya, mahkota all-ceramic emax dapat digunakan pada gigi depan (gigi seri, gigi taring, gigi geraham kecil / premolar). Namun, mahkota all-ceramic emax rentan terhadap fraktur yang dapat disebabkan oleh tekanan dari proses pengunyahan




3. Zirconia Crowns

Mahkota Zirconia terdiri dari Mahkota Zirconia Penuh, Mahkota Zirkonia Multi-Layered, dan Mahkota Porcelain fused to Zirconia (PFZ). Mahkota Zirconia penuh memiliki kekuatan mekanik paling tinggi, sehingga tepat untuk digunakan pada gigi geraham. Bahan zirconia tidak tembus cahaya, sehingga tidak seperti gigi alami.


Mahkota Zirkonia Multi-Layered terdiri dari lapisan blok zirkonia berlapis, sehingga lebih tembus cahaya. Karena sifat tembus cahayanya, mahkota zirkonia multi-layered lebih estetik daripada mahkota zirkonia penuh karena lebih mirip dengan gigi alami. Mahkota zirkonia multi-layered memiliki kekuatan dan estetika yang paling baik, sehingga dapat digunakan pada gigi depan dan belakang.


Mahkota Porcelain fused to Zirconia (PFZ) terdiri dari zirconia yang dilapisi dengan porselen. Kombinasi Zirkonia dan porselen yang tembus cahaya memberikan hasil estetik yang sangat baik dan paling mirip dengan gigi asli. Mahkota PFZ seringkali menjadi pilihan pertama untuk kedokteran estetik.





Contact Us

Address

(Senopati) Jl. Senopati No.16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(Pondok Indah) Jl. Metro Pondok Indah SG.21 Pondok Indah, Jakarta Selatan (Mamamia Spa)
(Gandaria) Jl. Petogogan I No.16A Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
(BSD) Gedung EduCenter Ground Floor Unit G-09 Kav. Commercial International School II No. 8 Jalan Sekolah Foresta, BSD City

Email

dentalosophy@gmail.com

Contact Number

Senopati 0819 08663338
Pondok Indah 0812 95372212
Gandaria 0878 8556 1639
BSD 0812 9146 9830