Abses pada Gusi dan Cara Menanganinya

admin Jun 15, 2022

Abses gusi juga dikenal dengan abses gingiva. Secara umum, abses adalah bengkaknya jaringan karena infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Infeksi bakteri ini menyebabkan peradangan dan membentuk suatu kantung di gusi yang berisi nanah.

Abses gusi ditandai dengan beberapa gejala, seperti:

• Gusi bengkak dan kemerahan
  • Gigi goyang
  • Gigi sensitif
  • Keluar nanah dari benjolan pada gusi
  • Bau mulut
  • Nyeri pada gigi yang menjalar hingga ke dagu, leher, dan telinga
  • Demam

Kebanyakan abses gusi terjadi sebagai akibat dari komplikasi infeksi bakteri di gigi dan mulut. Bakteri jahat yang biasanya tinggal dalam plak akan menginfeksi dan mencari celah untuk menyerang gigi. Lalu timbul pembengkakan dan peradangan pada gusi. Selain itu, abses gusi dapat juga disebabkan karena adanya kontak berlebih pada gigi. Kondisi ini juga dapat menyebabkan lama kelamaan ligamen gusi (jaringan yang mengelilingi akar gigi) akan terlepas dari pangkal gigi. Lepasnya ligamen gusi akan menciptakan lubang kecil yang mudah kotor dan sulit dibersihkan. Semakin banyak bakteri yang tinggal di lubang tersebut, abses gusi pun akan terjadi.

Penanganan Abses Gusi

Abses gusi memerlukan pengobatan dengan antibiotik dan obat antinyeri. Perlu penanganan khusus dari dokter gigi karena mungkin akan memerlukan tindakan pengeluaran nanah dari abses. Langkah ini bisa dilakukan dengan pemberian suntikan anestesi terlebih dahulu yang harus dilakukan oleh dokter gigi di klinik.

Namun, pada prinsipnya, cara terbaik untuk mengatasi abses adalah dengan mencegah terjadinya abses dari awal. Cara pencegahan dapat dengan cara melakukan pemeriksaan rutin dan pembersihan karang gigi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Terapkan kebiasaan sehat dengan menyikat gigi dua kali sehari. Dan bila kamu menemukan suatu benjolan pada gusi yang tidak hilang dalam tiga hari, sebaiknya langsung periksakan ke dokter gigi. Jangan menunda hingga keadaan memburuk.

Masih bingung perawatan apakah yang cocok untuk kamu? Kamu bisa melakukan konsultasi gratis via WA dengan tim dokter gigi kami loh. Klik disini untuk informasi lebih lanjut!